Cara Membedakan Anakan Kenari Jantan Dan Kenari Betina

Membedakan anakan kenari jantan dan betina -Burung kenari merupakan jenis burung yang mempunyai ciri khas bunyi kicauan yang keras ngerol. Jika anda seorang kenari mania yang memelihara burung kenari untuk kicauan rumahan atau untuk lomba, maka anda harus menentukan kenari dengan jenis kelamin jantan, alasannya kenari jantan mempunyai kualitas bunyi dan kicauan yang lebih baik dibanding kenari betina. Namun bila anda seorang peternak, maka anda harus menentukan indukan kenari betina dan jantan yang berkualitas, oleh alasannya itu anda harus mempunyai kemampuan membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina, baik itu yang masih anakan ataupun yang sudah dewasa.

Membedakan anakan kenari jantan dan betina Cara Membedakan Anakan Kenari Jantan Dan Kenari Betina
Anakan kenari

Untuk membedakan kenari jantan dan betina memang diharapkan pengetahuan khusus, terlebih untuk kenari yang masih anakan, alasannya secara sepintas baik kenari jantan ataupun betina akan tampak sama. Berbeda bila kita membedakan jenis kelamin kenari yang sudah dewasa, tentu akan lebih gampang ketimbang kenari yang masih anakan, sebeb organ badan anakan kenari belum tumbuh secara sempurna, sehingga akan lebih sulit dibedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Cara membedakan anakan kenari jantan dan betina

Meskipun susah bukan berarti kita tidak bisa membedakannya, Tuhan telah mendesain burung kenari sedemikian rupa sehingga niscaya terdapat perbedaan dari kedua jenis kelamin tersebut. Namun satu hal yang perlu anda ketahui, dalam membedakan jenis kelamin anakan kenari dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan khusus biar anda tidak keliru atau salah dalam memilihnya. Adapun cara membedakan anakan kenari jantan dan betina yaitu sebagai berikut:

Membedakan anakan kenari jantan dan betina Cara Membedakan Anakan Kenari Jantan Dan Kenari Betina
kenari jantan

1. Lihat jalan masuk pembuluh vena

Untuk anakan kenari yang gres berusia satu bulan sanggup kita bedakan dimana anakan kenari jantan mempunyai pembuluh vena atau jalan masuk kelamin jantan pada bab perut menuju lubang kloaka. Sedangkan untuk anakan kenari betina dipastikan tidak mempunyai pembuluh vena.

2. Perhatikan bentuk kloakanya

Anda niscaya sudah tahu kloaka? Ya, untuk membedakannya biasa anda lihat dari bentuk kloakanya. Anakan burung kenari jantan biasanya mempunyai bentuk kloaka yang cenderung lebih menonjol dan tegak lurus. Sedangkan anakan kenari jantan mempunyai bentuk kloaka yang datar saja.

3. Perhatikan ukuran tubuhnya

Untuk anakan kenari yang masih berada dalam sarang dan masih diloloh oleh induknya biasanya mempunyai ukuran badan yang tidak sama (berbeda), dimana anakan kenari jantan mempunyai ukuran badan yang lebih besar dari anakan kenari betina, alasannya kenari jantan mempunyai nafsu makan yang lebih tinggi dibanding yang betina.

4.  Perhatikan warna bulunya

Untuk anakan kenari jantan biasanya mempunyai warna bulu dibagian kepala yang lebih cerah dibanding warna bulu bab kepala anakan kenari betina yang terlihat lebih kusam. Untuk membedakan hal tersebut biasanya diharapkan pembanding dari kedua jenis kelamin tersebut. 

 5. Perhatikan bentuk kepalanya

Anakan kenari jantan biasanya mempunyai bentuk kepala yang cenderung pipih, sedangkan untuk anakan kenari betina mempunyai bentuk kepala yang cenderung bulat. Untuk membedakan hal tersebut diharapkan pengalaman dan keterbiasaan.

6. Perhatikan kicauannya

Anakan kenari jantan bila sudah dipisah dari induknya biasanya akan lebih cenderung suka ngeriwik (belajar berkicau) meskipun masih dengan nada dan bunyi yang belum jelas. Sedangkan untuk anakan kenari betina lebih cenderung membisu saja.

Cara membedakan kenari jantan dan betina dengan pendulum

Membedakan anakan kenari jantan dan betina Cara Membedakan Anakan Kenari Jantan Dan Kenari Betina
kenari betina

Ada beberapa kenari mania yang mempunyai kemampuan membedakan jenis kelamin anakan kenari dengan memakai pendulum yang terbuat dari benang dan jarum jahit. Caranya yaitu dengan memasukkan benang kedalam jarum jahit lalu gantung diatas dubur anakan kenari. Patikan tidak ada benda logam serta angin disekitarnya, cara ini biasanya dilakukan didalam ruangan tertutup.

Perhatikan jarum yang digantung diatas dubur anakan kenari tersebut, bila jarum bergerak kekanan dan kekiri, maka biasanya anakan kenari tersebut berjenis kelamin jantan. Silahkan anda mencobanya sendiri dirumah, buruh ketenangan dan ketelitian dalam melakukannya.

Demikianlah ulasan mengenai cara membedakan anakan kenari jantan dan betina yang sanggup saya bagikan kepada anda para kenari mania indonesia. Semoga goresan pena yang ala kadarnya ini bermanfaat bagi anda semua. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *